Kaki ko kaki

_By Johny Rusly – CEO Kotakpensil.com_

Awal-awal, di saat corona virus mulai berkembang biak di Jakarta, saya berbelanja sarapan pagi, ke tempat makan medan kesukaan saya, yaitu Lupis dan mie ayam medan.

Saat itu, orang2 belum dianjurkan untuk memakai masker dan menjaga jarak. Maklum, pandemic baru mulai berkembang di Jakarta.

Setiba disana, saya disambut piintu ruko yang setengah tertutup. Hanya ada satu celah kecil, pas untuk lewat satu orang  yang terbuka. Kursi dan meja makan, kini kosong melompong, tampak mengintip dari tempat yang biasanya ramai diduduki orang2 yang bersantap.

“Tante, sudah habis ya? Sudah mau pulang ya?” Tanya saya. Saya sudah kenal tante dan om penjual disini. Sudah langganan, sejak anak saya masih kecil, sampai selesai kuliah. Makanan di sini cepat habis. Sebelum tengah hari, toko sudah tutup.

“Oh bukan, masih buka kog”. Jawab tante penjaga toko, seorang Tionghoa Medan, “Sekarang kan jamannya corona, kita harus kaki ko kaki.

Apa itu sih kaki ko kaki?

*******************

Banyak orang ingin menjadi pahlawan, memberi bantuan kepada mereka yang tidak mampu. Itu tugas mulia, tetapi, setidaknya, kita harus kaki ko kaki. Setidaknya, kita jaga jarak 2 meter dan harus memakai masker secara benar. Kita boleh bantu orang, tetapi harus mampu membantu diri sendiri, membantu keluarga kita dan membantu teman-teman dan sahabat kita.

Pernahkah Anda bertanya pada diri anda sendiri, apakah anda sudah kaki ko kaki? Sudah  menjaga kesehatan diri anda sendiri?

Untuk dapat membantu orang lain, setidaknya anda harus sehat dulu. Jika anda sendiri kurang sehat, bagaimanakah anda dapat membantu orang lain. Banyak orang lupa untuk menjaga kesehatan sendiri, padahal sehat itu sangat penting di era corona iini. Tubuh yang sehat dapat membantu melawan virus yang masuk ke dalam tubuh.

Untuk menjaga kesehatan, setidaknya ada yang 3 hal yang perlu anda perhatikan.

1. Makan makanan sehat. Ini penting karena makanan sehat memberikan gizi dan kalori bagi tubuh kita. By the way, masih ingatkah anda apa saja makanan 4 sehat 5 sempurna? Yang kelima adalah susu, kalau yang empat lagi apa ya? Masih ingat?

2. Istirahat dan tidur secukupnya. Harus cukup istirahat dan tidur, jangan main handphone dan internet terus J. Kerja boleh keras, istirahat harus cukup.

3. Olahraga cukup. Tantangannya di zaman corona adalah berolahraga di ruang sempit. Hari biasa saja banyak orang malas berolahraga, apalagi di hari semi libur di work from home. Coba tanyakan pada diri anda sendiri, kapan hari terakhir anda benar2 berolah-raga?

Ya, kita harus menjaga diri sendiri. Kita harus kaki ko kaki

*********************

Sebenarnya, apa sih itu kaki ko kaki?

Mungkin anda sudah berhasil menebak arti kata kaki ko kaki.

Kaki ko kaki, adalah bahasa hokkian Medan.

Kaki Ko Kaki artinya menjaga diri sendiri, menjaga diri masing-masing.

“Ya, kita harus kaki ko kaki”, Begitu kata tante penjual sarapan medan kepada saya. “Kita harus jaga diri masing-masing, dengan pakai masker dan jaga jarak aman. Kalau bukan kita, siapa lagi?”

“Dengan masing2 saling menjaga, artinya kita juga menjaga orang lain agar aman. Ada keluarga kita, teman-teman kita, saudara kita, pelanggan kita, karyawan kita, yang harus kita jaga. Dengan kaki ko kaki maka semuanya aman”. Hmmm, sebuah nasihat yang bijak dari Tante Penjual kue.

Setuju?

Semoga artikel ini bermanfaat, dan semoga Anda selalu dikaruniakan kesehatan dan kebahagiaan selalu! Amin.

Salam Pengusaha!

Johny Rusly

CEO Kotakpensil.com – Toko Online Alat Kantor, Asli Bergaransi Resmi.

PS: Baca artikel lain yang tidak kalah menarik di www.johnyrusly.com.